Dua Golongan Orang Baik namun di Akhirat Allah tidak Menghiraukannya


Berbuat kebaikan itu susah pada awalnya, namun mudah setelah terbiasa. Mudahnya melakukan hal baik pun masih menyisakan riak yang terkadang tidak manusia sadari hingga bisa memberangus pahala kebaikan itu sendiri. Tak jarang kita menemukan orang yang banyak berbuat baik, namun sebenarnya amal kebaikannya sia-sia saja di hadapan Allah ta’ala. Bagaimana mengetahuinya? Allah ingatkan manusia yang menyukai berbuat kebaikan ini dengan hadist yang diriwayatkan oleh Jundab ra. berikut :

Diriwayatkan dari Jundab ra. :Nabi saw. pernah bersabda, “Orang yang memberitahukan perbuatan-perbuatan baik yang telah dilakukannya kepada orang lain untuk memperoleh pujian dari mereka (sum’ah), pada hari kiamat Allah tidak akan menghiraukannya. Dan orang yang melakukan perbuatan-perbuatan baik di muka umum dengan harapan memperoleh pujian mereka (riya’), Allah tidak akan menghiraukannya (dan akan mempermalukan dia) (HR. Bukhari).

ikhlas-sembunyi-amalan-baik-sebagaimana-amalan-buruk

Hadist di atas menjelaskan tentang golongan orang yang berbuat baik, namun Allah tidak menghiraukannya selama di akhirat: Pertama, orang yang melakukan sesuatu karena ingin mendapat pujian/sanjungan. Kedua, orang yang suka memamerkan kebaikannya pada orang lain dengan maksud mendapat pujian. Mereka sama-sama berbuat kebaikan, namun Allah telah peringatkan bahwa seluruh kebaikannya hanyaakan sia-sia jika manusia tidak pandai menjaga hatinya.

Ciri seorang muslim yang paling baik imannya adalah selalu berhati-hati dalam segala perbuatannya dengan meninggalkan segala sesuatu yang tidak jelas hukumnya. Allah tak hanya perhatikan niatan manusia saat melakukan aktivitasnya, namun juga lebih jauh Allah perintahkan manusia agar melakukan seluruh perbuatan dengan cara yang benar, sesuai yang Allah tuntunkan dan tidak menyimpang dari yang Rasul contohkan, sehingga segala amal baik itu harus diiringi niatan yang baik,hanya untuk Allah semata, bukan untuk tujuan yang lain.

Tentu ini bukan satu perkara yang mudah karena setan selalu menggoda manusia dengan banyak cara. Mereka mencoba mengalihkan tujuan manusia beramal baik pada sesuatu yang sifatnya duniawi, yaitu berupa pujian. Sungguh, ini satu hal yang teramat sederhana, namun manusia jarang menyadarinya. Berapa banyak dari kita tanpa sadar sengaja memperlihatkan amal kebaikan kita dihadapan khalayak hanya demi dapatkan pujian? Dan berapa kali kita mencoba mempertunjukkan kebaikan yang sudah kita lakukan pada banyak orang hanya untuk mendapatkan sanjungan? Sekali? Dua kali, atau sudah berulang kali? Hanya kita sendiri yang bisa menjawabnya.

Jika kita sempat berpikir bahwa kebaikan kita layak untuk dipertontonkan, layak untuk diketahui orang, sungguh itu sangat memalukan. Lebih jauh lagi, justru akan menghapus kebaikan yang susah payah sudah kita lakukan. Mungkin kita lupa bahwa perbuatan-perbuatan baik yang sering kita tuliskan lewat media sosial itu suatu riya’ terselubung, atau sum’ah (pamer kebaikan) yang sama sekali tidak kita sadari. Mungkin kita juga lupa bahwa seluruh kebaikan yang sudah kita perbincangkan di depan orang lain itu juga bisa termasuk di dalam kategori pamer kebaikan.

Mari menjadi pribadi yang baik dengan selalu memperbaiki niatan baik. Hati manusia rawan tergoda pujian dan rayuan setan. Tak ada salahnya jika banyak beristighfar dan mohon kepada Allah agar senantiasa dihindarkan dari beragam penyakit hati yang merusak iman dan amal kebaikan. Semoga Allah berikan ampunan dan berikan kesempatan untuk mengobati penyakit hati yang sering kali tidak kita sadari.Aamiin aamiin ya rabbal

 

 

3 thoughts on “Dua Golongan Orang Baik namun di Akhirat Allah tidak Menghiraukannya

  1. Subhanallah…sungguh betapa indahnya jika kita semua berbuat baik dengan ikhlas hanya mengharap ridha Allah SWT. Tulisan mbak mey sungguh menginspirasi agar kita berbuat baik dengan ikhlas. Shukron.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s