Pahami V-Day, Abaikan V-Day


Tahukah kalian kenapa tanggal 14 Februari diperingati sebagai Valentine’s day alias Hari Valentine? Hmm.. Yah, soalnya gak ada hari lain kali ya… Hahaha.. [Ngakak Mode: ON]. Eh, tapi tahu gak sih kenapa ada hari Valentine? Kita simak sebentar ya..

Nama Valentine dari mana?

V-day atau Valentine’s Day dulunya merupakan hari penyembahan bagi dewa Lupercus atau dewa kesuburan (Dewa apaan nih? Di film Naruto perasaan gak ada dech! Ckkk… ]. Menurut sejarah Athena [semoga kalian tahu ini daerah mana. hehehe], bulan Januari hingga akhir Februari merupakan bulan Gamelion alias bulan persembahan untuk pernikahan Dewa Zeus dan Hera. Masih ingat kan pelajaran sejarah SMP? Dewa Zeus ini beristrikan banyak, tapi yang paling diakui kisah cintanya bersama Hera. Hadeuuhh,..Capek dech!

Nah, berangkat dari sejarah ini, setiap Januari – pertengahan Februari, Pendeta akan mengorbankan kambing/domba, terus potongan daging kambing tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh wanita Romawi jaman dulu. Katanya, wanita yang bisa menyentuh potongan daging sembelihan tadi akan dikaruniai kesuburan. Huik, ajaib kan ya? Begitulah ceritanya awalnya. Tapi kok namanya bukan hari Lupercus atau Zeus ya? Konon, penamaan itu diambil dari nama salah satu calon Uskup Roma, yaitu Santo Valentinus, yang berjasa dalam menikahkan pasangan muda-mudi di sana. Hoaahhh…

Kenapa Tanggal 14?

Tidak bisa dipungkiri bahwa sejarah Valentine’s Day  mempunyai banyak versi.  Seorang sastrawan Geoffrey Chaucer pada abad 14 (tahun 1500 an) melalui bukunya berjudul Parlement of Foules (Percakapan Burung-Burung) menjelaskan bahwa tanggal 14 Februari diyakini oleh orang Prancis dan Inggris sebagai hari pencarian pasangan bagi burung-burung.  Pada tanggal itu juga, katanya Santo Valentinus sebelum gugur menyempatkan diri menulis pernyataan cinta kepada sipir penjaranya. Huih, tragis yaa…

Akhirnya,  jadilah setiap tanggal 14 Februari diperingati sebagai hari kasih sayang dimana banyak orang suka menyatakan perasaan sayang dan cintanya pada orang tua, pacar, dan tetangganya. Padahal, setiap hari itu harusnya hari yang selalu penuh kasih sayang. Ya kaaaaannnn??

Muslim? Abaikan V-day!

Teman, sebagai seorang muslim tidak sepatutnya kita merayakan V-day dalam bentuk apapun, baik sekedar ucapan hingga pemberian hadiah pada orang. Sejarah V-day merupakan sejarah orang Romawi dengan keyakinan terhadap penyembahan dewa-dewanya.

Dari Abu Sa’id Al Khudri, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang-orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang penuh lika-liku), pasti kalian pun akan mengikutinya.” Kami (para sahabat) berkata, “Wahai Rasulullah, Apakah yang diikuti itu adalah Yahudi dan Nashrani?” Beliau menjawab, “Lantas siapa lagi?” [HR. Muslim no. 2669, dari Abu Sa’id Al Khudri].

 V-day jelas bukan perayaan hari besar umat Islam. Merayakannya sama halnya mengikuti cara pandang dan gaya hidup mereka.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam secara tegas telah melarang kita meniru-niru orang non-Islam (tasyabbuh). Menyerupai orang non-Muslim (tasyabbuh) ini terjadi dalam hal pakaian, penampilan dan kebiasaan. Beliau bersabda, ”Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka”[ HR. Ahmad dan Abu Daud]. Hadeuhh, jangan yaaa.. Kita kan umatnya Nabi Muhammad Saw.

Nah loh…hati-hati ya temaaaannn…. Sampaikanlah tentang Islam, walau satu ayat, walau satu hadist! Okay?!!

Salam tolak V-Day!

20120212154202_hti_sukabumi_demo_tolak_valentine_day

Wallahu ‘alam bi ash shawab.

One thought on “Pahami V-Day, Abaikan V-Day

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s