Faktor Penyebab Jerawat


Jerawat (acne) merupakan masalah wajah yang sangat menganggu untuk semua kalangan. Cantik maupun tidak, ganteng maupun jelek, kaya-gak kaya, semuanya berpotensi untuk mengalami masalah kulit yang bernama jerawatan. Yah, begitulah jerawat bekerja. Ia merajalela sesukanya dan semaunya. Jadi, untuk mengatasinya, kita sendiri harus jeli mengenalinya. Sebelumnya mengatasinya, kita harus temukan terlebih dahulu apa penyebabnya. Karena beda penyebab, beda cara melenyapkannya. Oleh karena itu, mengatasi jerawat itu bisa dikatakan susah-susah-gampang atau bisa juga dikatakan gampang-gampang-susah. Gampang kalau kita tahu apa sumber jerawatnya, susah jika sumber jerawat tidak dapat terdeteksi dan kita pada akhirnya asal-asalan memberikan treatment padanya.
funny_acne_teen

Jerawat banyak penyebabnya, berikut adalah sedikit ulasan faktor pemicu timbulnya jerawat:
1. Faktor makanan
Zat gizi yang terkandung dalam makanan memiliki fungsi tertentu. Namun, jika kadarnya berlebihan akan menjadi sumber penyakit tertentu, misal jerawat. Jerawat sering dipicu oleh makanan khususnya makanan yang tinggi lemak. Orang-orang yang berjerawat karena faktor ini cukup mudah dikenali. Jika beberapa hari setelah makan makanan berlemak (misal kacang-kacangan, daging ayam-khususnya ayam potong, dan gorengan yang berminyak banyak), kemudian muncul jerawat, maka kemungkinan besar jerawat yang muncul diakibatkan oleh konsumsi jenis makanan ini. Satu-satunya cara agar jerawat tersebut tidak semakin merajalela adalah dengan menghindari jenis makanan tersebut. Perhatikan juga kebersihan wajah dengan membersihkannya setiap hari (ingat: jangan membersihkan wajah tanpa aturan. Tetap perhatikan cara membersihkan wajah yang baik dan benar dengan panduan yang dianjurkan atau bisa juga dengan mencari lewat internet. Jika ingin mencoba make up baru, ada baiknya dioleskan terlebih dahulu di area telinga untuk mengetahui respon kulit kita terhadapnya). Faktor makanan ini masih menjadi penyebab kontroversial bagi beberapa kalangan.

2. Faktor Lingkungan
Lingkungan yang berpolusi dan berdebu bisa memicu timbulnya jerawat. Bagi kalian yang tinggal di area perkotaan, jika jenis kulit kalian termasuk jenis kulit yang berminyak, maka sebaiknya kalian rajin memberisihkannya, minimal setiap hari sekali karena jenis kulit ini cukup rawan terhadap jerawat. Perhatikan selalu cara membersihkan wajah yang baik dan benar karena salah perlakuan, jerawat pun tak akan segan-segan untuk menampakkan diri di wajah.

3. Faktor genetik dan allergen
Jerawat akibat faktor ini cukup mudah dikenali, jika ada anggota keluarga (bapak, ibu, kakek atau nenek) pernah mengalaminya selama remaja bahkan hingga sekarang dan jumlahnya tidak hanya satu atau dua saja, maka bisa dipastikan bahwa jerawat yang dialami karena faktor keturunan alias faktor genetik. Berhubungan dengan masalah gen, maka hal itu cukup susah diatasi. Akan lebih baik jika langsung berkonsultasi dengan dokter kulit atau spesialis genetik untuk mengatasinya karena sekalipun rajin membersihkan wajah, jerawat ini tetap bisa muncul kapan saja tanpa bisa dikira-kira.

Adapun jerawat yang diakibatkan oleh alergi terhadap makanan tertentu, selain menghindari makanan yang memicu alergi terebut, ada baiknya untuk berkonsultasi tentangnya. Biasanya makanan protein tinggi (seperti telur dan susu) bisa juga memicu jerawat, namun ini hanya berlaku pada mereka yang memang alergi.

4. Stressor
Stressor merupakan agen pemicu stress tubuh. Beberapa hal yang bisa memicu stress tubuh antara lain: kondisi fisik (lelah, kurang tidur, sakit, menstruasi, beban pikiran, dll), dan cuaca. Pada kondisi seperti ini, imunitas tubuh berkurang dan mudah bagi setiap bakteri dan semisalnya untuk menganggu fungsi tubuh kita, terlebih dengan asupan makanan yang tidak menentu, dan kurang tidur. Maka kombinasi stressor ini sangat mudah memicu munculnya jerawat.

Penting: kurang tidur bisa menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap munculnya jerawat karena hal tersebut berkaitan erat dengan fungsi regenerasi sel kulit mati. Pada saat malam hari, tubuh mempunyai mekanisme tersendiri untuk proses detoksifikasi (penetralan racun dalam tubuh) dan regenerasi sel kulit mati. Jika proses ini terganggu, maka beberapa fungsi organ tubuh tidak akan berjalan normal, termasuk proses regenerasi sel kulit mati akan terganggu. Terganggunya regenerasi sel kulit mati bisa menumpuk sel-sel kulit mati, dan tumpukan sel kulit matilah yang bisa memicu jerawat muncul.

5. Hormonal
Jerawat karena faktor ini sangat mudah dikenali. Biasanya bagi perempuan, jerawat ini akan muncul menjelang menstruasi. Untuk mencegah munculnya jerawat ini, minumlah air putih yang cukup, istirahat cukup, hindari makanan tinggi lemak dan bersihkan wajah setiap hari.

Sekian yang bisa saya tuliskan untuk mencegah jerawat. Semoga dengan ini kalian semua bisa dengan cepat dan mudah mengenali apa penyebab jerawat yang kalian derita (jika posisinya sebagai korban jerawat), akan lebih bermanfaat lagi jika setelah membaca ini, kalian bisa membaginya dengan yang lain.
Semoga bermanfaat dan mari selalu hidup sehat!๐Ÿ™‚

One thought on “Faktor Penyebab Jerawat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s