Kecantikan


Tiap sudut perempuan bisa menarik perhatian,
Bahkan marahpun akan menjadi keindahan,
Taukah jika mereka memberi senyuman?
Kupu-kupu pun bisa tertawan oleh sesungging senyuman.

—–88—–

Mereka melenggak-lenggok anggun, tak ubahnya seperti model kawakan. Di kepala mereka, berbagai ornamen atau hiasan manik-manik disematkan. Mulai dari ornamen sederhana hingga yang bentuknya rumit tak terkira. Cantik itu pasti. Saya berpikir bahwa tanpa mereka dandan dan memakai banyak ornament pun seluruh dunia akan mengomentari hal yang serupa dengan saya.
IMG_1396-edited

Jangan bayangkan mereka mengenakan pakaian yang menerawang dan serba minim. Tidak, kalian salah besar. Mereka mengenakan baju tertutup. Mayoritas mereka mengenakan baju yang lengannya tiga perempat tertutup dan ada juga yang mengenakan baju dengan daerah lengan tertutup sempurna. Mereka mengenakan baju yang berbeda dengan, berdesign sedikit rumit dari kebanyakan model yang saya lihat.

Salah satu perempuan sekitar 20 tahunan berjalan dalam area catwalk yang sudah disediakan. Mengenakan gaun berbahan sedikit tipis, namun sama sekali tak terawang. Perpaduan warna merah muda dan balutan kerudung berwana ungu cukup membuatnya cantik. Saya bertanya-tanya kain jenis apa yang dipakai untuk membuatnya. Ah, saya tidak begitu paham dengan tipe-tipe kain yang digunakan untuk mendesign baju. Saya hanya tahu mana baju yang nyaman dipakai dan mana yang terasa aneh jika saya pakai.

Kerudung yang mereka kenakan tak sesederhana yang saya kenakan. Haha, tentu! Mereka menginginkan segala sesuatu tampil trendi dan beda. Bagaimana dengan saya?? Jujur saja, saya tidak mau menghabiskan waktu untuk melilit-lilitkan kerudung yang belum tentu cocok dengan bentuk kepala saya. Malam itu saya terpaku, mengambil gambar mereka sekali dua kali mereka berjalan. Tak lupa, orang yang duduk dan berkeliling di sekitar saya pun juga tidak luput dari pengamatan saya. Saya mulai bosan duduk, akhirnya memutuskan untuk berkeliling. Dan amazing, saya menemukan pemandangan yang sama seperti saya melihat model-model yang bertebaran di area catwalk barusan.

Selamat datang di komunitas hijaber!

IMG_1423-edited

Mereka adalah komunitas perempuan yang menutup aurat dan mengenakan kerudung, utamakan style perkembangan jaman untuk tampil semaksimal mungkin, tanpa melupakan identitas keislaman mereka. Suatu komunitas yang selalu tampil trendi dengan tidak mengumbar aurat diri mereka sendiri.

Inilah jaman di mana batas komersialisasi tak lagi ada. Fashion merambat pelan namun pasti. Konsumtivitas merambat pada mereka yang terbiasa mengenakan kerudung. Segala pernak-pernik ditawarkan, design-design modis dan agamis digemakan ke seantero nusantara, menyeret mereka dalam satu pandangan, “Berkerudunglah, tapi jangan jadul. Inilah jaman saat kamu bisa tampil trendi dan syar’I”.
IMG_1428-edited
Akhirnya para wanita ini menjadi pasar yang menjanjikan bagi pelaku pasar. Produsen kerudung trendi, bros, hiasan kerudung, baju dan masih banyak lagi. Wanita, tetap menjadi ladang yang menjanjikan untuk menarik para pelaku pasar. Glamour, elegant, dengan balutan produk-produk tertentu.

Dari yang benar-benar syar’i hingga yang tidak syar’i ada di sini. Prinsip mereka memang sederhana, “Pakai kerudung, tapi jangan norak dan kuno!” Tak heran jika hijab tutorial sekarang marak, berbagai tawaran pelatihan kecantikan bagi muslimah semakin digemari. Cantik tetap menjadi kata magis untuk menarik para wanita.

Cantik? Bukankah hal itu masih dinilai relatif? Berapa banyak orang yang pada akhirnya menjadi tidak cantik dan tidak dipertimbangkan gara-gara kelakuannya yang tidak sopan? Apakah cantik selalu diniliai dari bentuk fisik sehingga mereka akan terus beradu untuk mendapat predikat cantik?

Kecantikan hakiki adalah kesantunan, tutur kata yang senantiasa dijaga. Mereka yang menjaga diri karena ketaatan pada Allah Sang Maha Besar. Kecantikan yang terpancar dari keimanan, bukan dari polesan. Meski manusia memandang biasa, tapi malaikat selalu anggap mereka bidadari-bidadari surga yang dirindukan penghuninya.

Leave a Reply

