Kematian dan Perpisahan


Apakah seseorang dipertemukan untuk dipisahkan? Jika Allah memfirmankan “akan ada kemudahan setelah kesusahan” , berarti Allah pasti mengubah sesuatu menjadi sesuatu yang lain, yang sifatnya berkebalikan. Pendek kata, setelah pertemuan tentu akan ada perpisahan. Apakah memang seperti ini?

Klise memang, tapi kebanyakan orang mengatakan bahwa setelah pertemuan akan ada perpisahan. Jadi, tidak salah jika saya berpikiran bahwa ketika seseorang dipertemukan, maka cepat atau lambat ia akan dipisahkan. Masalah bagaimana caranya berpisah, tak ada satupun yang tahu. Ada yang berpisah karena pertentangan, kondisi yang berbeda, namun tak jarang berpisah karena kematian. Dan yang terakhir adalah jenis perpisahan yang teramat menyakitkan bagi setiap orang.

Kematian, kata yang teramat menakutkan bagi orang yang tak pernah menyiapkan.

Kematian, berarti kita akan dipisahkan dengan orang-orang yang kita cinta, barang-barang yang kita sukai, dan segala hal yang bersifat duniawi.

Kematian, berarti sesuatu yang sangat berat bagi orang-orang yang ditinggalkan, menyesakkan karena banyaknya kenangan yang tak mudah untuk dilupakan.

Kematian, berarti saat di mana seluruh bentuk fisik manusia tidak ada harganya kecuali hanya kebaikan yang ditinggalkannya.

Kematian, berarti pemisahan oleh batas kehidupan, tak sekedar pemisahan oleh batas territorial suatu wilayah.

Kematian, berarti pintu awal manusia akan mempertanggung jawabkan kehidupannya di dunia pada Allah ta’ala.

Dan yang terakhir, kata-kata yang hingga saat ini sering membuat saya teringat pada seseorang adalah “kematian, sesuatu yang tidak pernah bisa diprediksi kapan datangnya oleh manusia. Ia adalah teka-taki Tuhan yang tak mampu satu orang pun menjawabnya”,

Karena kematian adalah misteri, hal ghaib yang hanya diketahui oleh Sang Penggenggam jiwa manusia, Allah Azza wa jalla, dia yang memisahkan manusia dengan apa yang ia punya di dunia.

Maka, pertanyaan sederhananya: apa yang sudah kita siapkan untuk menghadapinya?

In memories of Christina Fernanda…[10-02-2012]
Good bye always..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s