PART 10


Islam benar-benar melindungi manusia dari hal terkecilnya. Mulai dari bangun tidur hingga mau tidur, dari ujung kaki hingga ujung kepala. Dan beruntunglah manusia yang mengenal Islam tidak sekedar di masjid-masjid atau sekedar menjadi pelajaran formal di sekolah-sekolah, namun mengenal Islam sebagai aturan kehidupan yang memang wajib untuk diterapkan dalam satiap hal.

Setidaknya saya bersyukur hingga detik saya menuliskan ini. Pemandangan tidak sedap yang akhir-akhir ini saya temukan di sini membuat hati terasa miris. Mandi di dan BAB di kali pasalnya menjadi suatu kebiasaan yang seolah-olah tak ada buruknya sama sekali di masyarakat sini. Bahkan mencuci piring pun, mereka juga memanfaatkan air sungai. Semakin pengen muntah saja jika ingat minum teh di salah satu rumah warga. Ternyata gelasnya dicuci di kali!

Bersyukurlah kita yang sudah mengenal Islam jauh-jauh hari, memahami benar batasan aurat yang harus dijaga dari mata-mata jelalatan, memahami bahwa kebersihan dan keindahan merupakan satu perkara yang Allah sukai, memahami bahwa pendidikan itu merupakan suatu perkara yang diwajibkan atas setiap kepala kaum muslimin.

“Kebersihan adalah sebagian daripada iman” (HR. Imam Muslim).

“Sesungguhnya Allah Maha Indah mencintai keindahan, Allah Maha Baik menyukai kebaikan, Allah Maha Bersih mencintai kebersihan. Karena itu bersihkanlah teras rumah kalian dan janganlah kalian seperti orang-orang Yahudi” (HR.Tirmizi).

“Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?

Sebenarnya hanya orang yang berakal sehat yang dapat menerima pelajaran”. (QS. 39: 9)

“Mencari ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ahamad dan Ibnu Majah).


Dari sini, bukankah Islam yang membebaskan manusia dari keterbodohannya, membebaskan manusia dari kedzalimanan terhadap dirinya dan mengangkat derajat manusia setinggi-tingginya?

Maka, nikmat iman dan Islam manakah yang kamu dustakan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s