Part V


Kemarin menjadi hari yang sangat melelahkan. Bagi saya, tidak melakukan apa-apa sama halnya menghabiskan tenaga secara sia-sia yang ujungnya buang-buang tenaga. Akhirnya, siang hari hanya menghabiskan waktu menonton TV, melihat layar notebook, dan menonton TV lagi.

Sangat menyebalkan dan membosankan. Pernahkah kalian mengalami hal yang demikian? Jika pernah, saya sarankan keluarlah untuk menikmati hembusan angin di luar sana, ngobrol dengan tetangga, atau sekedar nongkrong-nongkrong dekat persawahan. Dari pada kamu gila karena pengangguran. Setidaknya, mendengar bunyi suara orang asli Madura lebih menyenangkan dari pada sekedar diam saja.

Siang menjadi hal sangat membosankan, dan sorenya menjadi hal sangat menyebalkan. Pasalnya, beberapa teman laki-laki dari desa lain (dari kelompok PKL yang lain), datang mengunjungi basecamp kelompok PKL saya. Dan di waktu yang bersamaan, suara memekakkan telinga menyeruak memasuki telinga. Seperti tak tahu tata krama bertamu saja orang-orang ini! saya menyuruh teman yang saya anggap sering ngomel-ngomel untuk menghantikannya, namun sungguh di luar dugaan saya, dia justru menjawab,

“Aduh, udah capek bilangin mereka, Mey. Gak mempan!”

Awalnya saya diamkan saja ulah mereka. Tapi selang beberapa saat, saya ingat bahwa di kanan kiri rumah sekaligus basecamp ini, masih ada rumah warga. Sok gagah dan sok PeDe, akhirnya saya menghampiri mereka. Gak peduli mereka kenal saya ataukah saya kenal mereka, yang jelas keberisikan mereka bisa merusak citra pemilik rumah plus citra universitas Airlangga.

“Rek, ngguyu yo ngguyu, tapi volumene ojo seru-seru! [1] Kanan kiri sini masih ada rumah warga. Gak enak didengernya. Tolong ya.. ”

Yes!

Keganasan wajah saya bekerja. Akhirnya mereka benar-benar diam. Saya tidak tahu apa sebab pastinya. Kata-kata menyebalkan saya atau sungkan mereka pada saya. Saya tidak peduli lagi. Yang saya pikirkan saat itu hanya: saya tidak menyukai mereka melakukan itu, nge-game sambil tertawa kaya orang tidak pernah diajar tata karma. Ingatlah kawan, ini desa! Bukan kota yang kita bisa teriak-teriak seenak perutnya!

Hal yang membuat sebal lagi dan lagi adalah pada saat sore, ketika saya kembali ke kost, ternyata di basecamp sedang dilangsungkan rapat. Tanpa ada yang memberi tahu. Apa ini maksudnya? Lupa, tidak penting atau gimana? Makin kesal saja dibuatnya. BeTe sangat.. tapi toh saya bisa mengendalikan emosi saya tidak seperti saat siang kala anak-anak guyonan bak cacing kepanasan.

Yes! Saya bisa mengontrol mimik muka garang saya! Kendali emosi lumayan bekerja!

****

Malamnya, sebelum isya’, ada yang bertanya pada saya:
“Mey, sumpah aku BeTe banget ! Moodku lagi buruk. Gimana ini ngatasinnya? Aku pengen kaya kamu bisa menghadapi segalanya dengan tenang.”

Sumpah, ni anak gak tahu apa yang sebenarnya terjadi pada saya beberapa hari terakhir ini. Saya bukan ahlinya mengendalikan emosi, bukan pula penghilang penat dan pengembali mood bagus. Saya setidaknya baru belajar untuk melakukan semuanya. Belajar tenang saat menghadapi masalah yang ada di hadapan saya.

Kalau kita masih sama-sama belajar, ayok kawan! Kita selesaikan pembicaraan tadi malam hingga kamu benar-benar bisa mengendalikan semuanya.

Mengontrol emosi memang tidak mudah. Terlebih jika ada pemicu dari luar yang turut menyulut api kemarahan. Jika begitu adanya, maka mau tak mau harus segera diselesaikan dengan faktor pemicunya, jangan sekedar marah-marah!

Probolinggo, 14 Juli 2011, di penghujung siang yang mencekam karena mati lampu, saat saya dalam keinginan sebesar-besarnya untuk masak buat teman-teman, tapi masih belum ada kesempatan. Huhuhu.. nganggur lagi dan lagi

[1] Teman, tertawa ya tertawa, tapi volumenya jangan keras-keras. Sebenarnya saya bisa lebih kejam dari ini, namun berhubung ada orang yang tidak saya kenal, jadi saya urungkan niat busuk saya. Haha..semoga mereka tidak tersinggung dengan ulah saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s