Penawar Sakit


Kepala serasa berputar dan badan serasa tercebur dalam panci raksasa yang berisi air panas, lalu berapa menit kemudian diguyur dengan ton-tonan balok es. Mungkin sakit bisa diibaratkan seperti itu rasanya. Belum lagi kondisi perut serasa dipasangi mesin blender yang di “ON” kan di tombol satu (kecepatan super). Bahasa gaulnya mual! Bayangkan saja gimana rasanya kalau mulut kita dipaksa mengeluarkan makanan yang sudah terlanjur masuk perut. Sumpah gak enak. Seakan-akan tidak ada kebahagiaan yang paling dinanti-nanti selain :sembuh.

Dalam kondisi duduk dan terjaga, mata terasa panas dan ingin mengeluarkan air mata, kepala terasa berat. apalagi dalam kondisi menunduk, sudah tidak bisa dilukiskan lagi betapa sakitnya. Sedih rasanya..namun ada yang menjadi penawar dari semua ini ketika diri terjatuh dalam sakit, yaitu hadist berikut:

“Aisyah Ummul Mukminin menerangkan sabda Rasulullah Saw bahwasannya sakit karena demam itu akan menghindarkan orang Mukmin dari siksa api neraka.” (HR. Al-Bazzar)

Sakit merupakan azab kecil yang ditimpakan Allah kepada manusia sebagai peringan atas siksa manusia di neraka, penghapus kesalahan-kesalahan yang pernah atau bahkan sering dilakukan oleh manusia. Karena dalam sakit terkadang manusia baru benar-benar bisa menyadari bahwa kuasa Allah atas manusia meliputi segalanya, menyadari bahwa tidak ada kesombongan dan kecongkakan kecuali itu hanya layak menjadi sifat dari Tuhan Semesta Alam.

Rasulullah Muhammad Saw bersabda, “Tiadalah tertusuk duri atau benda yang lebih kecil dari itu pada seorang Muslim, kecuali akan ditetapkan untuknya satu derajat dan dihapuskan untuknya satu kesalahan.” (HR. Muslim dari Aisyah ra).

Dan cukuplah semua keluh kesah ini kecuali terbayarkan dengan kabar gembira yang Rasul berikan pada umatnya. Semoga Allah berkenan mengampuni dan menghapuskan setiap kesalahan yang pernah saya lakukan karena sesungguhnya tidak ada sesuatu yang lebih membahagiakan bagi seorang muslim selain ampunan Allah Ta’ala atasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s