Detak Perubahan


Tik tok tik tok tik tok….

Saya perhatikan jam itu tidak pernah berubah…doi tetap berputar meski dunia seolah-olah tidak berputar. Pernah doi berhenti berputar, tapi itupun juga karena kehabisan energy. Ah, saya pikir itulah normalnya sebuah jam, watch is designed for it, Bro! Dia tidak didesain manusia untuk bisa memprotes bahkan mendebat manusia. Haha…emang manusia kurang kerjaan apa cari partner debat dari kalangan mesin?? Dia juga tidak didesain untuk berpindah atau memindahkan sesuatu dari satu tempat ke tempat yang lain.

Miauw, miauw, …si kucing berbunyi dengan gayanya yang khas. Saya perhatikan kucing yang dulu saya pelihara dengan kucing2 jaman sekarang juga g jauh beda, tidak berubah. Bahkan tak ada perbedaan sama sekali antara kucing yang satu dengan yang lain (kecuali jenis kelamin sama warnanya saja). Kucing dari jaman mbah buyut kita sampai sekarang jamannya Christian Bautista, tetap aja sama. Dia g pernah tuh kepikiran mau ambil studi di salah satu perguruan tinggi negeri, atau g pernah sekalipun terpikir untuk membangun rumah megah (versi kucing tentunya) di tengah2 hiruk pikuk kota metropolitan. Itulah kucing, it’s designed like that. For cats, “live is just a matter of surviving, honey”! gue mau ngurus hidup gue sendiri aja dah! Gitu aja kok repot..wkwkkk..(salah!! Miauw miauw…).

Beda lagi dengan manusia. Dalam siklus kehidupannya, mereka sering berubah-ubah. Entah dari model penampilan, alat-alat yang digunakan, atau cara berpikirnya sekalipun. Meski hakikatnya tak pernah berubah(tetep punya yang namanya naluri dan kebutuhan jasmani), tapi manusia sepanjang sejarahnya tak pernah sama persis. Orang dulu melancong pake onta, sekarang pake scooter metic merk Honda, Yamaha dan sebagainya. Anak-anak kecil jaman dulu mainannya petak umpet (yang hampir selalu suskes membuat saya menangis jika saya pada posisi hunter dan g ketemu-ketemu sama si mangsa), sekarang udah beralih ke mainan yang basicnya mesin. Katanya Si idiot Rancho (lagi2 dia yang ngomong.hehe…), “kita saat ini sudah sangat bergantung pada mesin. Mulai dari bolpoint sampai resleting”.^^

Dan kesimpulan apa yang bisa diambil disini?? Tidak lain bahwa manusia selalu berubah, bahwa perubahan merupakan sebuah kenicsayaan pada manusia yang dia benar2 hidup. Tak ada manusia yang mau hidupnya berjalan stagnan. Pagi ini makan tempe, sore pengen makan sate. Hari ini ujian Matematika cuma dapet 70 besok2 harus bisa dapat minimal 85, dst dst. Itulah manusia. For them, “live is not just a matter of surviving, but part of developing”. Tak peduli apakah jenis manusianya pemalas atau pekerja keras. Pada normalnya mereka akan selalu berpikir tentang perubahan.

Ngomong2 tentang perubahan, ujung-ujungnya selalu akan menemui 2 pilihan: berubah pada sesuatu yang lebih baik(bangkit), ataukan berubah pada sesuatu yang lebih buruk(terpuruk). Tak jadi soal bagaimana ujung dari perubahan yang kedua, dan tak perlu tangan ini pegel-pegel menuliskan gambaran tentang keterpurukan, karena saya hanya akan berbagi tentang perubahan yang pertama!

Sebuah kebangkitan selalu berawal dari kesadaran. Tak ada orang yang mau bangun jika dia tidak sadar dia sudah tidur terlalu lama, tak ada orang yang mau berubah jika orang tersebut tidak sadar betapa buruknya dia, dan tidak akan ada yang namanya Robinhood jika dia tidak menyadari bahwa penguasanya sudah “memplekotho”(membodohi-red) rakyatnya habis-habisan. Bukanlah suatu hal yang berlebihan jika kemudian saya mengatakan bahwa KESADARAN ADALAH KUNCI AWAL DARI KEBANGKITAN.

Yeah, Kesadaran merupakan kunci kebangkitan, dan berpikir adalah titik tolak sebuah kesadaran.

Tak akan ada kebangkitan jika manusia tak pernah berpikir tentang adanya ketidakidealan.

Tak akan ada kebangkitan jika manusia tidak pernah berpikir tentang perubahan.

Dan selamanya tidak akan terwujud perubahan jika tidak ada manusia yang mau merubah. Sebagaimana Allah berfirman :

“…Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.. ..” (TQS. Ar-Ra’d [13] : 11).

Walakhir, pilihan menunggu datangnya suatu perubahan (yang lebih baik) adalah kesalahan besar, dan mencibirkan perjuangan untuk mewujudkan perubahan adalah satu hal yang memalukan. Karena sungguh, perubahan tak akan pernah terwujud dari orang-orang yang pekerjaannya hanya menunggu, tidak akan pernah sekalipun datang pada orang-orang yang malas dan suka berpikir picik untuk mengganggu.

Tik tok tik tok tik tok, jarum jam terus berputar dan waktu terus berjalan… akankah kita menjadi manusia pembawa perubahan ataukah penunggu perubahan?? Selanjutnya, hidup adalah pilihan!!

For my brothers and sisters who want the better future…for my brothers and sisters who hate all kinds of suppression..keep moving forward, keep fighting ..hakuna matata,,Allah will always with us.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s