Sindrom Geje (G Jelas, Bro!!!)^_^


film 2012
Sindrom Geje merupakan salah satu sindrom yang saat ini lagi “in” di dunia manusia (kalau bukan manusia terus apa???). Sindrom ini merupakan kepanjangan tangan (antek???) atau manifestasi dari penyakit “bingungisme”(virusnya sampai saat ini masih belum jelas namanya). Contoh simple yang sering kita lihat adalah remaja runtang-runtung , nongkrong (bukan di toilet!!) di mall2/warkop/warteg dsb, nonton film-film g jelas macam 2012, kuntilanak, Pocong dan temen-temennya, shopping, dll dll. Tidak hanya para remaja, tapi orang dewasa dan anak-anak pun juga kena virusnya. Yang lebih mengenaskan, virusnya ini tidak pandang bulu(bulu ayam, bulu kucing, bulu merak-not red). Maksud dari tidak pandang bulu di sini adalah, bisa menyerang semua kalangan,baik masyarakat miskin,menengah, kaya, pemerintah, maupun pejabat teras lainnya. Banyaknya kasus bunuh diri, perkosaan, korupsi dsb merupakan contoh kecilnya.

Penderita dan Penyebab Sindrom GeJe

Sindrom ini biasanya sering diderita oleh orang-orang yang tidak tahu tujuan hidupnya. Layaknya seorang musafir yang kehilangan arah/tersesat(coba bayangin aja ekspresinya orang tersesat itu kaya apa. Lucu apa ngenes??). Namanya aja g jelas jadi penyebabnya bisa sangat kompleks…tapi yang paling utama karena tidak tahu tujuan hidupnya apa..hahaha…“Hidup segan mati enggan”

Terapi Sindrom GeJe
Yang bisa dilakukan ketika menemui atau ditemui sindrom ini, cepat-cepat lakukan bebrapa hal berikut ini:

1. Jangan pernah mengadopsi pemikiran “muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga”. Non sense!!! Buang jauh-jauh pemikiran kaya gini. Jangan pernah ngarep surga kalau selamanya punya pemikiran seperti itu. Surga itu mahal!! Bukan begitu?? Sesuatu yang mahal itu tidak bisa ditukar dengan sesuatu yang murahan, tidak bisa dibeli dengan harta dan kekayaan.(bisa dhing, kalau harta dan kekayaan yang dimilikinya disumbangkan untuk jalan dakwah fil Islam. Hehehe…)

2. Jangan hiraukan perkataan orang-orang yang g jelas “udahlah, masa muda ini cuma sekali, jadi nikmati aja!!”. Orang yang sering nglontarin perkataan seperti ini sudah bisa dipastikan kalau penyakit GeJenya sudah memasuki fase akut(parah).

3. Coba perjelas lagi tujuan hidupnya. Sebenarnya untuk apa sih hidup di dunia ini???
Allah Swt Pencipta dan Pengatur semua makhluknya menjelaskan tujuan hidup manusia dalam firmanNya :
“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk menyembah kepadaku.” (QS Adz Zariyat : 56).

Manusia diciptakan oleh Allah SWT agar menyembah kepadanNya. Kata menyembah sebagai terjemahan dari lafal ‘abida-ya’budu-‘ibadatun (taat, tunduk, patuh). Beribadah berarti menyadari dan mengaku bahwa manusia merupakan hamba Allah yang harus tunduk mengikuti kehendaknya, baik secara sukarela maupun terpaksa.

• Ibadah muhdah (murni), yaitu ibadah yang telah ditentukan waktunya, tata caranya, dan syarat-syarat pelaksanaannya oleh nash, baik Al Qur’an maupun hadits yang tidak boleh diubah, ditambah atau dikurangi. Misalnya shalat, puasa, zakat, haji dan sebagainya.
• Ibadah ‘ammah (umum), yaitu pengabdian yang dilakuakn oleh manusia yang diwujudkan dalam bentuk aktivitas dan kegiatan hidup yang dilaksanakan dalam konteks mencari keridhaan Allah SWT. Misal menuntut ilmu, berjual beli,dll.

Selama hidup di dunia manusia wajib beribadah, menghambakan diri kepada Allah. Seluruh aktivitas hidupnya harus diarahkan untuk beribadah kepadanya. Islam telah memberi petunjuk kepada manusia tentang tata cara beribadah kepada Allah. Apa-apa yang dilakukan manusia sejak bangun tidur sampai akan tidur harus disesuaikan dengan ajaran Islam.

Jin dan manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT mempunyi tugas pokok di muka bumi, yaitu untuk mengabdi kepada Allah SWT. Pengabdian yang dikehendaki oleh Allah SWT adalah bertauhid kepadanya, yakni bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah. Jin dan manusia wajib mengesakan Allah dalam segala situasi dan kondisi, baik dalam keadaan suka maupun duka. (http://didimasyhudi.blogspot.com/2009/05/tugas-manusia-untuk-beribdah.html)

Cukup jelas bukan?? Coba aja bandingkan orang yang punya tujuan hidup yang jelas dengan orang yang tidak punya tujuan hidup yang jelas, pasti sangat berbeda!!
Inilah yang nantinya mampu membawa kita ke surga atau ke nerakaNya. Jika sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah Swt maka akan bernilai pahala, jika sebaliknya ya…pikir sendiri aja!! Banyak pahala-masuk surga, banyak dosa-masuk neraka. Naudzubillah…Nah, pilih mana??

Potong Mata Rantai Sindrom GeJe

Sindrom keGeJean pada darah muda maupun tua bisa diputus/dipotong dengan cara memperi penyuluhan(dakwah-red). Penjelasan tentang pentingnya tujuan hidup merupakan hal yang sangat urgent mengingat sindrom yang sangat tidak terduga datangnya tersebut tersebarnya terhitung cepat(terlebih ini juga bisa menjadi penyakit keturunan).

Tadi kan di atas sudah di jelaskan bagaimana cara terapinya, sekarang tinggal praktek aja. “balighu ‘anni walau ayah…”(sampaikanlah walau hanya satu ayat). Simpel kan?? Tinggal omong doank, pahalanya juga cukup gede.^_^ Tidak harus jadi ustadz/ustdazah dulu untuk menyampaikan pada orang lain, yak kan??

Masa muda ini hanya berlaku satu kali!! Ada masanya suatu saat nanti kita beranjak dewasa, berkeluarga dan mengasuh generasi kita selanjutnya(ada yang pengen muda terus dan g nikah2??). Bukankah menjadi suatu hal yang sangat memilukan kalau anak-anak kita nanti kita “jejali” dengan cerita-cerita g jelas orang tuanya di masa muda?? Mau jadi apa anak-anak kita nanti kalau orang tuanya punya sejarah kehidupan yang g jelas arahnya?? Jadi sarjana dan orang kaya mungkin bisa, tapi kalau hidupnya penuh makna(barokah apalagi)…sepertinya banyak gaknya.

“Sudah saatnya kita memikirkan bagaimana nantinya bisa jadi kebanggaan anak-anak kita. Menjadi orang tua yang bisa membimbing anaknya dengan penuh taqwa kepada Allah Swt dan RasulNya.”
Wallahu ‘alam bi ash shawab.

Wasslm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s