untuk teman-temanku, sahabatku….I miss U


Barangsiapa yang mendoakan saudaranya pada saat ia tidak bersamanya, maka malaikat yang diserahi untuk menjaga dan mengawasinya berkata, “semoga Allah mengabulkan, dan bagimu semoga mendapat yang sepadan”. (HR. Muslim)

Hadist itu sekilas mungkin seperti hadist-hadist yang lainnya, terkesan biasa. Tapi bagiku sangat luar biasa, teman!!! Dari hadist singkat ini, aku mulai berpikir dan mencoba mengingat-ingat kembali,,,kira-kira selama aku bebas menghirup udara di dunia ini, tertawa menangis dengan semua kisah yang kujalani sampai umurku sedewasa ini, hidup bersamamu dengan semua tingkah dan perkataanku yang belum tentu kamu sukai, APAKAH AKU SERING MENDOAKANMU??? ATAU JANGAN-JANGAN AKU JUSTRU TIDAK PERNAH MENDOAKANMU?/?@@!?? Hal sepele, amat sangat sepele!!! Tapi amat sering kulupakan.

Hati ini serasa disayat ketika mengingat puluhan tulisan berlafadzkan kata cinta, tapi ternyata semua itu tak pernah ada bukti nyatanya, sekalipun itu hanya sebuah doa. Aku mencoba mengingat kembali, berapa kali pernah mengirim sms dengan kata “Inni uhibbuki fillah” atau “love u cz Allah, ya ukhti..”, dan semacamnya??? Sekali seminggu, dua kali, tiga kali?? Ah, kurasa tidak sesering itu. Aku orang yang terkuasai oleh gengsi dan egoku sendiri. Kalaupun aku membalas sms-mu dengan kata-kata puitis berbalutkan kata cinta, itu mungkin karena aku merasa tidak enak, atau hanya sebatas formalitas belaka. Teman, aku merasa benar-benar bukan teman baikmu. Aku inginkan doa darimu, tapi aku jarang mendoakanmu. Aku ingin perhatianmu, tapi aku sendiri jarang memperhatikanmu. Teman macam apa aku ini?? Sungguh, saat ini aku benar-benar ingin bertemu denganmu dan mengucapkan beribu kata maaf karena aku tidak pernah bisa menjadi teman baikmu. Astaghfirullah….air mata ini tak bisa terbendung lagi.

Jika yang paling utama di antara dua sahabat yang saling mencintai adalah yang paling besar cintanya, maka aku tidak yakin apakah aku termasuk orang-orang yang ada dalam golongan itu. Jika manifestasi adanya cinta itu munculnya perhatian pada seseorang yang dicinta, maka aku tidak tahu pasti apakah aku sudah cukup memberi perhatian padamu, seseorang yang notabene kuanggap sebagai temanku, atau bahkan sahabatku. Teman, beginikah sosok temanmu ini??? Sungguh, aku merasa malu..merasa tidak pantas menyandang predikat sahabat, saudara, bahkan temanmu.

“Tidaklah dua orang saling mencintai karena Allah selamanya, kecuali yang paling utama dari keduanya adalah yang paling besar kecintaannya kepada sahabatnya.” (HR. Ibnu Abdil Bar dalam at-Tamhid, al-Hakim dalam al- Mustadrak, dan Ibnu Hibban di dalam Shahih-nya)

Aku tidak tahu kapan aku bisa bertemu denganmu, aku tidak tahu apakah kamu masih bisa melihatku dengan keadaanku yang sudah jauh lebih bisa mengerti kamu, memberi senyum tulus yang bisa meneduhkanmu…aku tak tahu kapan…ku harap kesempatan itu masih ada.
Salah seorang teman SMA-ku mengirimkan sms ini kira-kira setahun yang lalu. SMS berharga yang membuat diri ini teringat akan kenangan lama, (berharap masih bisa mengulangnya, tapi tidak mungkin bisa).

Teman yang baik adalah saudara yang tulus mendoakan dan mengingatkanmu pada Allah,
Dia yang mengenal dirimu dan senantiasa menjaga ukhuwah,
Memberikan ketenangan saat bersamanya,
Ada inspirasi amal shaleh saat memandangnya,
Dalam diamnya ia mendoakan,
Dalam senyumnya ia menenangkan,
Dalam tawanya menumbuhkan keceriaan,
Dalam rengkuhnya ia menghadirkan semangat,
Dan dalam nasihatnya ia bangkitkan kerinduan.

Maaf teman, tidak ada persembahan yang berarti untukmu dari seseorang yang terbatas sepertiku.
Just remember, I’ll try lovin’ you more n more..

I want to love you simply,
In words not spoken tinder to the flame which transform in to ash…
I want to love you simply,
In signs not expressed clouds to the rains which make evanesce…

Semoga Allah mempertemukan kita di surgaNya dalam satu tujuan untuk menegakkan DienNya….

Leave a Reply

